data analytic

Cara Mengetahui Kenapa Toko Online Anda Sedikit Pembeli

Cara untuk mengetahui dengan pasti kenapa toko online anda memiliki sedikit pembeli sebenarnya tidak bisa dikatakan mudah sebab banyak sekali hal-hal yang harus anda lakukan dan semuanya itu erat kaitannya dengan analisis dan statisitk. Untuk menjalankan sebuah analisa tentu kita membutuhkan data-data yang akurat yang mana data tersebut bisa anda peroleh melalui berbagai macam cara. Toko online yang cuma bisa menghasilkan pembeli yang sedikit pasti memiliki kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki entah itu kekurangan yang bersumber dari performa website, customer service, penawaran yang anda berikan serta faktor kompetitor. Didalam artikel ini akan coba kami berikan sebuah solusi termudah yang bisa anda jalankan untuk mengetahui kenapa toko online anda sedikit sekali pembelinya, apa faktor penyebabnya, bagaimana cara memeriksanya dan yang terakhir adalah solusi keluar dari masalah toko online sedikit pembeli.

1. Cek Performa Terhadap Toko Online

Website Error Penyebab Sepi Pembeli

Ini adalah langkah pertama yang harus dijalankan karena ini cara yang paling mudah dan berhubungan langsung dengan angka penjualan dan jumlah pembeli tentunya. Apa saja yang harus di cek terhadap toko online ini? ini daftarnya:

  1. Cek error
  2. Cek kecepatan toko online
  3. Cek dengan cara kunjungi toko online dengan beragam macam browser termasuk browser yang dipakai oleh smartphone, cek apakah fitur berjalan dengan baik di mobile browser dan di personal komputer (PC)
  4. Cek apakah pengunjung mendapati kesulitan saat harus: mencari tombol cart, menghubungi nomor telpon customer service, berkirim email dst
  5. Cek apakah sistem email didalam toko online berjalan dengan baik? test dengan cara anda sendiri mengirim email atau berbelanja di toko online apakah alurnya sudah benar
  6. Cek email anda apakah email dari toko online masuk ke folder SPAM atau terperangkap filter yang anda buat sendiri

2. Cek Black Campaign

black campaign

 

Dunia online adalah “dunia liar” yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun termasuk pesaing toko online anda. Adakalanya para pesaing bisnis melakukan black campaign dengan cara membuat tulisan di blog atau sosial media yang isinya membikin image buruk terhadap reputasi toko online sehingga imbas dari kelakukan ini adalah sepinya toko online dari pembeli yang bisa menyebabkan berkurangnya omzet penjualan. Cara melakukan pengecekan ini misalnya dengan mengetikan kata kunci di Google:

  1. Nama domain anda penipu atau
  2. Kecewa dengan nama domain anda atau
  3. Ketikan nomor telpon/nomor rekening anda di Google

Apabila anda menjumpai hal semacam ini maka tidak ada cara lain selain melakukan “counter attack” dengan cara sebaliknya yakni membuat konten yang isinya anonim dari black campaign tersebut.

3. Cek Trend Penggunaan Keyword di Google Keyword Planner

Google Keywords Planner

Keyword selalu fluktuatif artinya selalu mengalami perubahan, entah itu mengalami pengingkatan jumlah penelusur, pengurangan jumlah penelusur atau stuck alias tidak kurang dan tidak nambah. Sedikitnya jumlah pembeli pada toko online bisa jadi karena perubahan ini oleh karena itu anda harus periksa sesegera mungkin dan memperbaikinya. Caranya:

  1. Login ke Google Adwords lalu masuk ke Google Keywords Planner
  2. Ketikan nama keyword
  3. Lakukan sedikit kustomisasi untuk menampilkan data yang anda inginkan

4. Cek Posisi Toko Online Menggunakan Keyword Populer

SERP Checker

Cek posisi toko online menggunakan keyword-keyword populer lalu perhatikan apakah ada penurunan posisi atau tidak. Caranya:

  1. Bersihkan dahulu cache browser anda, untuk PC: ikuti cara ini untuk pengguna Firefox dan cara ini untuk pengguna Google Chrome dan untuk Mobile ikuti cara ini.
  2. Buka Google (sesuai target pemasaran misalnya: www.google.co.id) dan pilih pemilihan bahasa (bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris)
  3. Ketikan keyword

Selain cara manual diatas anda juga bisa menggunakan layanan rank checker bisa dari http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php untuk yang gratisan atau gunakan Accuranker untuk yang versi berbayar.

Apabila terjadi penurunan ranking (posisi) secara significant maka tidak ada solusi lain selain anda menggunakan jasa SEO kami untuk menaikan kembali posisi toko online anda atau menggunakan layanan jasa maintenance posisi SEO yang telah kami tawarkan untuk anda.

5. Menggunakan Data Analytic

data analytic

Gunakan data analytic dari Google Analytic atau dari Histats.com, fungsi daripada analytic ini adalah mencatat data-data tentang siapa pengunjung toko online. Yang dicatat didalam analytic yang dapat anda pergunakan untuk memperbaiki jumlah total pembeli di toko online ini antara lain:

  1. Browser yang di gunakan
  2. Jam kedatangan
  3. Halaman toko online yang diakses
  4. Keyword
  5. Jumlah klik
  6. Website referrer atau yang mengirimkan pengunjung
  7. Lokasi

Dari data yang berasal dari analytic tersebut anda bisa mengambil kesimpulan untuk memperbaikin jumlah penjualan toko online dari yang tadinya sedikit bisa menjadi banyak. Caranya adalah dengan memeriksa kondisi toko online ketika didatangi calon pembeli.

6. Periksa Penawaran Kompetitor dan Bandingkan

cek kompetitor

Ini cara yang sangat pintar dan wajib untuk anda kerjakan, yaitu memeriksa apa saja yang ditawarkan para kompetitor anda kemudian bandingkan dengan penawaran yang anda berikan kepada para calon pembeli. Yang patut untuk anda catat disini adalah jangan sekali-kali menanggap bahwa calon pembeli di toko online anda adalah orang yang bodoh sehingga bisa dengan mudah dipengaruhi dengan rayuan-rayuan yang tidak masuk akal. Gunakanlah kata-kata yang realistis jangan mengobral janji ini itu yang hanya membuat para pembeli merasa tidak percaya dengan penawaran anda.

Ketika anda mengunjungi toko online kompetitor maka perhatikan:

  1. Kata-kata yang dipergunakan
  2. Layanannya
  3. Harga
  4. Jaminan
  5. Penawaran
  6. Testimoni
  7. Tampilan/desain toko online
  8. Kemudahan akses dan cara belanja
  9. Dst perhatikan secara detail

Lalu bandingkan dengan penawaran anda dan temukan solusinya kenapa kompetitor bisa memberikan itu semua untuk kemudian bisa anda aplikasikan juga kedalam toko online.

Solusi Mengatasi Toko Online Yang Pembelinya Sedikit

Solusi untuk mengatasi toko online yang pembelinya sedikit ini baru bisa anda jalankan ketika anda sudah mengerjakan semua cara-cara diatas. Untuk mengetahuinya memang tidak sesulit yang dibayangkan dan tidak pula semudah yang diperkirakan oleh karena itu anda membutuhkan orang yang benar-benar ahli dan bisa diandalkan untuk membantu anda keluar daripada masalah toko online sepi pembeli ini.

Anda bisa menggunakan jasa SEO, jasa pengelolaan website, jasa maintenance SEO atau bisa langsung menghubungi kami lebih lanjut untuk memberikan solusi terpasti, efisien, termudah, termurah untuk memperbaiki total penjualan toko online agar bisa memberikan keuntungan yang besar untuk jangka waktu yang panjang. Tim ahli pemasaran online dari SEOSearchEngines.com akan senantiasa senang membantu menyelsaikan masalah ini.

Solusi yang tidak boleh anda lakukan untuk menyingkirkan problem sepi pembeli adalah bukan dengan cara:

  1. Melakukan black campaign
  2. Menipu calon pembeli dengan rayuan yang tidak masuk akal
  3. Mengurangi kualitas atau takaran guna menurunkan harga
  4. Melakukan promosi besar-besaran tanpa ada target
  5. Menjalankan aktivitas yang tidak berdasarkan data sehingga tidak bisa menyelsaikan masalah sepi pembeli ini

You can submit Url to cotid.org the coolest of the internet directory. This site is submitted under Internet Marketing Directory

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.